Lakukan 4 Langkah Ini Ketika Pecah Ban Di Jalan

Lakukan 4 Langkah Ini Ketika Pecah Ban Di Jalan - Berbagai resiko di jalan memang tidak dapat dihindarkan. Sebagai pengendara yang bisa kita lakukan adalah selalu waspada dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada. Namun jika terjadi hal-hal diluar rencana seperti bersenggolan dengan kendaraan atau pecah ban, kita harus tetap tenang menghadapinya dan tidak melakukan hal-hal gegabah yang dapat memperburuk kendaraan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan saat mengalami hal tidak terduga seperti pecah ban di tengah perjalanan. 
Hasil gambar untuk pecah ban mobil toyota


Tetap tenang
Memang akan cukup sulit menguasai diri ketika tiba-tiba ban pecah dan mengeluarkan suara yang membuat panik. Akan tetapi dalam keadaan ini Anda harus tetap tenang dan menguasai kendaraan yang sudah mulai oleng. Jika merasa panik, cobalah untuk menarik napas dan segeralah berpikir secara logis. Dalam keadaan tenang dan dapat menguasai diri tentu Anda dapat mengambil keputusan bijak yang tidak merugikan dan semakin memperburuk keadaan. 

Ingat untuk tidak menginjak rem
Setelah berhasil menguasai diri, segera pikirkan apa langkah pertama yang harus dilakukan. Jika mobil sedang melaju kencang, ban pecah secara tiba-tiba dan Anda langsung menginjak rem, tentu dapat dibayangkan hal apa yang akan terjadi. Yang harus dilakukan adalah melepas gas secara perlahan agar kecepatan dapat berkurang sedikit demi sedikit. Menurunkan kecepatan secara mendadak dengan langsung menginjak rem dapat merugikan kendaraan lain saat kondisi jalanan sedang padat. 
Hasil gambar untuk injak rem mobil
Tetap menggenggam kemudi
Meskipun keadaan sudah semakin chaos, Anda harus tetap menggenggam roda kemudi untuk mempertahankan arah mobil tetap berada pada garis lurus. Posisikan tangan di atas kemudi sesuai dengan arah jarum jam 09.00 dan  03.00. Hal ini memang terdengar cukup sulit untuk dilakukan, akan tetapi Anda harus tetap melakukannya untuk melindungi diri dari bahaya pecah ban yang lebih mengerikan. Setelah berhasil mempertahankan kemudi, cek kondisi lalu lintas di sekitar. Hidupkan lampu sein kiri untuk mulai menepi.
Gambar terkait

Pilih tempat untuk berhenti
Ketika kecepatan mobil mulai menurun, Anda bisa coba sedikit menginjak rem untuk menurunkan laju kendaraan secara perlahan. Hal tersebut harus tetap dilakukan dengan upaya untuk menepi dan mencari tempat yang tepat untuk berhenti. Nyalakan lampu hazard saat kendaraan sudah berhasil menepi untuk memberi tanda jika kendaraan memiliki masalah. 
Hasil gambar untuk berhenti lampu hazard toyota
Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan pecahnya ban mobil. Salah satunya karena jarang membersihkan ukiran ban dan membiarkan adanya tambalan yang tidak benar pada ban. Kebiasaan mengendarai dengan sembarangan juga dapat menyebabkan ban mobil pecah. Namun hal tersebut juga bisa disebabkan karena usia mobil yang sudah terlalu tua. Jika sudah demikian, Anda dapat menggunakan alternatif lain dengan ke tempat Jual Mobil Toyota Di Medan untuk mendapat kesempatan memperoleh  Kredit Mobil Toyota Di Medan. 

Share:

Popular Post

TINGGALKAN PESAN

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.

HEADLINE

HARGA TOYOTA OTR MEDAN 2019 TERBARU

Berikut ini adalah Harga Toyota Medan  Terbaru  per tanggal 01 JANUARI 201 9 untuk wilayah Medan dan...

Stats

Blog Archive