Cara Yang Benar Menggunakan Mobil Matic Ketika Macet

Cara Yang Benar Menggunakan Mobil Matic Ketika Macet - Mobil dengan transmisi matic kini banyak disukai oleh masyarakat terutama kaum wanita karena lebih mudah dikemudikan. Mobil matic hanya memiliki 3 transmisi yang sering digunakan dengan 1 pedal gas dan 1 pedal rem. Tidak ada pedal kopling seperti halnya pada mobil manual. Transmisi D digunakan ketika mobil berjalan, transmisi N digunakan dalam keadaan netral dan transmisi , transmisi R digunakan ketika mobil mundur dan Transmisi P digunakan saat mobil dalam keadaan berhenti (parking). 



Mengemudikan mobil matic saat macet lebih mudah dibanding ketika berada di tanjakan. Anda hanya perlu menahan rem sebentar saat harus berhenti, dan kembali menginjak gas saat mobil akan berjalan. Dibanding mengemudikan mobil manual saat macet, mengemudikan mobil matic juga jauh lebih mudah. Anda hanya dapat menggunakan satu kaki untuk menginjak pedal rem dan gas dengan tuas transmisi tetap berada pada posisi D. Terkecuali jika mobil harus berhenti dalam jangka waktu yang lama karena kondisi macet yang terlalu parah, Anda bisa memindahkan tuas transmisi pada posisi N. Jika kemacetan tidak membuat Anda berhenti lebih dari 10 detik maka tidak perlu memindahkan transmisi D ke N. Dengan membiarkan transmisi pada posisi D, Anda akan lebih sigap mengemudi ketika kemacetan mulai terurai dan kerja pompa hidrolik transmisi pun semakin ringan. Jangan lupa untuk mengaktifkan rem parking untuk mengantisipasi jika Anda lupa melepaskan pedal rem. 
Akan tetapi jika kemacetan terjadi di jalanan yang curam, Anda harus berhenti menggunakan transmisi D. Sebaiknya pindahkan tuas pada posisi L atau gunakan transmisi 2. Sebaliknya jika kemacetan terjadi di tanjakan dan mobil kesulitan untuk melaju ke atas, Anda tidak memaksa untuk terus menginjak gas. Berhentilah sejenak sebelum kembali menginjak pedal gas untuk mendapatkan tenaga baru atau akselerasi. 

Hasil gambar untuk eco mode toyota
Saat belajar mengemudikan mobil matic, usahakan untuk mengetahui seluruh komponen dan fungsi yang ada di dalam mobil dengan benar. Tujuannya adalah ketika di kemudian mengalami kondisi jalanan yang tidak memungkinkan seperti macet di tanjakan atau di turunan yang curam, Anda sudah mengerti langkah apa yang harus diambil. Kebanyakan masyarakat terkadang meremehkan hal ini dikarenakan belajar mengendarai mobil matic dianggap jauh lebih mudah dibanding mobil manual. 
Jalanan yang macet juga membuat  penggunaan bahan bakar mobil lebih besar dibanding berada di jalanan yang normal. Jika mengalami hal yang sama, sebaiknya Anda menggunakan mode pengoperasian ekonomis untuk lebih menghemat BBM. Mode pengopersian ekonomis dapat dipilih saat perpindahan mode percepatan otomatis. Jika tertarik untuk menggunakan mobil matic yang lebih mudah dikemudikan, Anda dapat mengganti mobil manual yang dimiliki dengan cara Kredit Mobil Toyota Di Medan

Share:

Popular Post

TINGGALKAN PESAN

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.

Stats