5 Tips Aman Mengendarai Mobil Saat Hujan

5 Tips Aman Mengendarai Mobil Saat Hujan - Indonesia terkenal dengan curah hujan yang tinggi, apalagi memasuki musim penghujan seperti bulan Oktober sampai Maret. Untuk anda yang mempunyai aktivitas di luar ruangan dan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil  untuk mencapai tujuan. anda harus ekstra hati-hati karena akibat hujan akan menyebabkan jalanan menjadi licin. Namun berkendara menggunakan mobil saat hujan juga mempunyai keuntungan salah satunya anda bisa terhindar dari hujan, nah untuk anda yang ingin membeli mobil sebagai kendaraan pribadi, anda bisa kredit mobil Toyota di Medan. Simak ulasannya berikut ini.

1. Memastikan Tekanan Udara pada Ban Normal
Tips aman mengendarai mobil saat hujan yang pertama adalah anda harus memastikan ban mobil dalam keadaan normal hal ini harus anda pastikan sebelum melakukan perjalanan untuk menuju tempat tujuan anda.  memastikan tekan udara pada ban dilakukan untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan terutama pada saat musim hujan yang akan menyebabkan jalanan menjadi licin. Tekanan udara dalam ban ini sangat penting untuk lebih diperhatikan agar tidak tergelincir saat berkendara.


2. Memeriksa Kondisi Semua Lampu Mobil
Saat hujan turun lampu mobil harus dipastikan berfungsi dengan baik. Lampu mobil saat hujan menjadi media untuk mendeteksi obyek yang ada di depan dan memperjelas pandangan saat berkendara. Pastikan anda selalu memeriksa lampu kendaraan sebelum menggunakannya. hal ini bertujuan untuk menghindari kecelakaan di jalan raya karena pada saat hujan turun kendaraan di depan anda tidak akan terlihat dengan jelas dengan jarak pandang yang minim.
Hasil gambar untuk ukur tekanan ban toyota

Memiliki kendaraan pribadi adalah impian semua orang. Oleh karena itu semua orang berusaha untuk mewujudkannya. Untuk anda yang saat ini membutuhkan kendaraan mobil anda bisa kredit mobil Toyota di Medan untuk mendapatkan mobil impian anda.
3. Jangan Sampai Pandangan Terhalang
Menempuh perjalanan dengan kondisi hujan, anda harus memperhatikan jalan jangan sampai pandangan anda menjadi terhalang. Anda bisa membersihkan kaca mobil di bagian depan dan belakang dari air hujan dan kotoran yang menempel.
Yang menyebabkan pandangan  terhalang adalah kaca mobil menjadi berembun karena hujan, hal ini akan menyebabkan pandangan menjadi tidak jelas. Untuk mengantisipasinya anda bisa menghidupkan AC dan mengarahkannya ke bagian kaca depan dan belakang.

4. Hindari Berkendara Di Tepi Jalan
Curah hujan yang meningkat menyebabkan jalanan menjadi rusak dan berlubang, hal ini akan menyebabkan jalanan tidak sama.  Untuk mengantisipasi kondisi jalan yang rusak anda harus menghindari berkendara di bagian sisi jalan. Untuk menghindari genangan air anda bisa memilih pada bagian tengah jalan.

5. Berhenti ketika jarak pandang hanya 1 meter
Hujan lebat akan membuat jarak pandang anda menjadi pendek. Untuk selalu menjaga keselamatan sesama pengguna jalan jarak pandang menjadi salah satu acuan saat hujan turun. Jika anda berkendara dengan jarak pandang hanya 1 meter sebaiknya anda menepi atau berhenti terlebih dahulu. Sebelum menepi sebaiknya anda menyalakan lampu hazard untuk memberi isyarat jika kendaraan anda sedang menepi.
Gambar terkait
Demikianlah ulasan mengenai 5 tips aman mengendarai mobil saat hujan. Sebaiknya anda selalu memperhatikan keadaan mobil anda walaupun cuaca dalam  keadaan normal. Karena keselamatan adalah faktor utama  dalam berkendara. Jika hujan turun dengan lebat sebaiknya anda menepi atau berhenti terlebih dahulu, hal ini untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga dapat bermanfaat.

Share:

Popular Post

TINGGALKAN PESAN

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.

Stats